Di era sekarang pengusaha dituntut untuk peka terhadap berbagai perubahan yangterjadi di lingkungan sekitar. Perubahanini tidak hanya menyangkut perubahan iklim atau perubahan alam, melainkanperubahan yang terjadi di lingkup bisnis. Pengusaha yang memiliki target sukses dalam beberapa tahun kedepan dituntut untuk peka terhadap perubahan ini. Pekadisini adalah menggunakan perubahanyang terjadi sebagai suatu kesempatanuntuk terus berkembang. Kami memberikan beberapa pemikiran dan strategi yang bisa dilakukan untuk pengusaha
1. Lingkungan
Perubahan ini menyangkut berubahnyaiklim dan kondisi alam sekitar. Strategiyang bisa diterapkan oleh pengusahaadalah menerapkan strategi produk yangramah lingkungan. Produk yang ramahlingkungan bisa dimulai dari kemasanmaupun isi/konten dari produk tersebut.Inovasi perlu dilakukan agar produk kitamemberikan manfaat ke konsumen danjuga tidak membahayakan lingkungansekitar.
2. Era Digital
Perubahan era digital merupakan salahsatu perubahan yang sangat fenomenal.Perubahan ini didorong oleh majunyateknologi dan pengusaha dituntut untukbisa menyesuaikan diri dengan cepat. Hal yang bisa dilakukan adalah gunakanstrategi komputasi digital untukmenerapkan strategi penjualan produk. Salah saru tren saat ini adalahberkembangnya bisnis online. Strategi inimerupakan salah satu alternatif sales channel yang bisa dilakukan pengusahauntuk meningkatkan penjualan.
3. Informasi
Hampir semua pengusaha suksesmeyakini bahwa kesuksesan usahamereka salah satunya disebabkan olehpenggunaan informasi dengan baik.Penggunaan informasi ini bisa melaluimedia TV, cetak, dan salah satu yangsangat ampuh adalah informasi internet.Selain itu, informasi internet bisa kitagunakan untuk menambah pengetahuanstrategi bisnis, internet juga menjadistrategi pemasaran yang ampuh. Salahsatu perubahan paling nyata darikeberadaan internet adalah hadirnyasocial media, media ini menjadi media yang sangat digandrungi masyarakatsaat ini. Pengusaha dituntut pintar untukbisa mensinergikan strategi pemasarandengan media sosial.
4. Era Konsumen
Jika dulu ada istilah company-driven product, sekarang saatnya consumer-driven product. Inilah perubahan pentingyang perlu diketahui oleh semuapengusaha. Setelah perubahanlingkungan, digital dan era informasi, kami akan memberikan pemikiran kamibahwa saat ini bukannya era produsenmendikte konsumen, saat ini adalah eraprodusen mendengar konsumen. Istilahdiatas menjadi salah satu istilah terkenalyang dipakai di hampir semuaperusahaan besar, kesuksesan produkkita ditentukan jika kita mau mendengarapa maunya konsumen. Untuk perubahanini, lakukanlah komunikasi dengankonsumen, lakukan riset pasar sehinggakita tahu apa keinginan konsumen.